BeritaHarian24

Kumpulan Berita Harian Terbaru

Finance

BBM Subsidi, Aturan Pembatasan Pada Pemerintahan Selanjutnya

BBM Subsidi, Aturan Pembatasan Pada Pemerintahan Selanjutnya
BBM Subsidi, Aturan Pembatasan Pada Pemerintahan Selanjutnya

BBM Subsidi Khususnya Solar Dan Pertalite Sedang Di Lakukan Pembahasan Kembali Yang Cukup Kompleks Terkait Penyalurannya. Yang mana, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa pembahasan mengenai penyaluran BBM subsidi tersebut sedang berlangsung serta cukup kompleks. Hal ini di lakukan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa penyaluran subsidi tersebut dapat lebih tepat sasaran. Yang man, salah satu tujuan utama dari revisi ini adalah agar distribusi BBM, terutama yang di subsidi, benar-benar sesuai dengan kelompok masyarakat yang berhak menerimanya. Seperti contoh, kelompok yang di rasa paling layak untuk penyaluran bbm subsidi ini ialah petani dan nelayan. Selanjutnya, pemerintah saat ini sedang dalam proses pembahasan revisi Peraturan Presiden (Perpres). Yang mana, Perpres dengan Nomor 191 Tahun 2014 yang mengatur mengenai pembatasan penyaluran BBM subsidi. Revisi ini cukup penting karena pemerintah ingin memastikan bahwa distribusi BBM tidak hanya menguntungkan segelintir kelompok. Melainkan, memberikan manfaat yang adil bagi mereka yang paling membutuhkan. 

Dalam hal ini, Bahlil menjelaskan bahwa pemerintah sedang berupaya merumuskan kebijakan. Yang tentunya, kebijakan tersebut harus tepat untuk menjamin bahwa petani dan nelayan sebagai kelompok masyarakat yang memerlukan dukungan subsidi. Sehingga, kelompok tersebut dapat memperoleh BBM dengan harga yang terjangkau atau yang telah di subsidi oleh pemerintah. Selanjutnya, Bahlil mengemukakan bahwa proses pembahasan revisi Perpres tersebut masih berlangsung hingga saat ini. Serta, pemerintah terus mencari formula yang terbaik agar kebijakan yang di hasilkan benar-benar mencerminkan keadilan. Ia juga menyebut bahwa penetapan kelompok-kelompok masyarakat yang berhak menerima subsidi menjadi salah satu fokus utama dalam pembahasan tersebut. 

Menurutnya, pemerintah masih melakukan kajian mendalam. Hal ini untuk memastikan bahwa bbm yang di subsidi benar-benar di rasakan oleh mereka yang bekerja di sektor-sektor esensial seperti pertanian dan perikanan. Namun, Bahlil masih merasa pesimis bahwa pembahasan revisi ini akan selesai dalam waktu dekat. 

Aturan Baru Terkait Pembatasan Dan Distribusi BBM Subsidi Akan Di Terapkan

Mengingat masa jabatan Presiden Jokowi berakhir pada 20 Oktober 2024. Bahlil, Menteri ESDM memperkirakan bahwa revisi ini kemungkinan besar akan di lanjutkan oleh pemerintahan presiden terpilih. Dengan waktu yang terbatas, Bahlil mengungkapkan bahwa ada kemungkinan besar dari Aturan Baru Terkait Pembatasan Dan Distribusi BBM Subsidi Akan Di Terapkan. Tentunya setelah pergantian pemerintahan dengan pemerintahan baru selanjutnya. 

Pemerintah, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sedang melakukan kajian mendalam terkait kebijakan distribusi BBM subsidi. Kebijakan baru ini bertujuan untuk memastikan bahwa distribusi dari BBM seperti Pertalite dan Biosolar dapat di lakukan dengan lebih tepat sasaran. Yang mana, dalam rancangan aturan tersebut pemerintah menetapkan bahwa kendaraan umum dan kendaraan roda dua akan menjadi prioritas utama penerima subsidi BBM. Agus Cahyono Adi selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM mengungkapkan suatu usulan. Yang mana, usulan pembatasan penerima BBM ini masih berada pada tahap penyempurnaan. Serta, kajian tersebut bertujuan untuk menyusun aturan yang dapat menjaga kuota subsidi agar tidak terlampaui. namun, di lain sisi juga tidak merugikan konsumen. Pemerintah juga berencana membuka ruang diskusi publik bagi masyarakat. Pembukaan ruang diskusi ini bertujuan agar masyarakat dapat memberikan masukan terkait kebijakan ini.

Dalam diskusi yang melibatkan berbagai pihak seperti Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto dan Organisasi Angkutan Darat. Yang mana, usulan ini di sampaikan sebagai salah satu langkah penting. Terutama, untuk memastikan BBM yang di subsidi hanya di terima oleh kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Sugeng berpendapat bahwa sudah saatnya pemerintah mempertimbangkan pembatasan penggunaan BBM subsidi. Hal ini menurutnya, BBM yang di subsidi harus di fokuskan pada kendaraan umum dan roda dua. Atau, kendaraan yang biasanya di gunakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Langkah bbm yang di kenai pembatasan subsidi ini di anggap sebagai strategi penting dalam memperbaiki tata kelola subsidi energi di Indonesia. 

Memastikan Kebijakan Tersebut Efektif Dan Berkeadilan

Untuk Memastikan Kebijakan Tersebut Efektif Dan Berkeadilan. Maka, berbagai pihak terkait harus di libatkan dalam kajian lebih lanjut. Yang mana, proses kajian ini membutuhkan pendalaman agar kebijakan yang di hasilkan dapat memberikan manfaat yang merata.

Rachmat Kaimuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Yang mana, ia menyatakan bahwa pemerintah terus melakukan kajian lebih lanjut terkait usulan ini pembatasan bbm subsidi ini. Ia juga menegaskan bahwa pemerintah telah menyepakati bahwa kendaraan roda dua dan angkutan umum tetap di izinkan menggunakan bbm jenis Pertalite yang di subsidi. Namun, terdapat kriteria kelompok pengguna lainnya yang masih dalam tahap pembahasan. Yang mana, pembahasan terhadap kelompok lainnya tersebut demi memastikan penerapan kebijakan telah sesuai dengan kondisi lapangan dan kebutuhan masyarakat.  Dengan demikian, kebijakan ini di harapkan dapat menjadi solusi untuk mengelola BBM yang di subsidi secara efisien. Yang tentunya akan mendukung kelompok masyarakat yang paling memerlukan subsidi energi tersebut. Serta, tanpa melebihi kuota yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Rachmat Kaimuddin menyatakan bahwa peluncuran BBM rendah sulfur oleh pemerintah tidak akan memengaruhi harga bahan bakar yang sudah tersedia di SPBU Pertamina. Hal ini berarti masyarakat tetap dapat tetap menikmati BBM berkualitas. Yang tanpa harus khawatir dengan kenaikan harga yang berpotensi membebani kondisi ekonomi mereka. Rachmat menegaskan bahwa tujuan utama dari kebijakan ini adalah menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan. Serta, dengan harga yang tetap terjangkau bagi masyarakat. Lebih lanjut, Rachmat menjelaskan bahwa peluncuran BBM rendah sulfur ini merupakan langkah strategis dari pemerintah dalam mengatasi permasalahan polusi udara. Yang mana, jenis bbm ini akan di arahkan kepada golongan masyarakat yang membutuhkan subsidi. Sementara, kelompok masyarakat kelas atas tidak lagi di perkenankan memanfaatkan subsidi tersebut. Tentunya, kebijakan ini di ambil dengan pertimbangan agar distribusi BBM subsidi lebih tepat sasaran. Serta, di nikmati oleh golongan masyarakat yang berhak.

Kekhawatiran Sebagian Pihak Mengenai Dampak Kebijakan Ini

Terkait Kekhawatiran Sebagian Pihak Mengenai Dampak Kebijakan Ini terhadap perekonomian masyarakat kelas menengah. Rachmat menegaskan bahwa program BBM rendah sulfur di rancang agar tidak memberikan beban tambahan. Yang mana, ini di harapkan bagi masyarakat maupun negara. Pemerintah sangat memperhatikan kondisi ekonomi kelompok kelas menengah yang mungkin terdampak oleh kebijakan dari subsidi ini. Sebaliknya, menurut Rachmat peluncuran BBM rendah sulfur justru berpotensi memberikan manfaat ekonomi bagi negara. Hal ini terutama dalam mengurangi kebutuhan impor BBM. Meskipun demikian, ia belum dapat memberikan rincian lebih lanjut mengenai regulasi yang sedang di rumuskan oleh pemerintah tersebut. Selanjutnya, ia juga mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir, pemerintah telah menghabiskan rata-rata Rp119 triliun per tahun untuk bbm bersubsidi. Yang mana, jumlah ini di nilai tidak sepenuhnya tepat sasaran. Hal ini di karenakan sebagian besar subsidi tidak di nikmati oleh kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan. 

Dengan kebijakan baru ini, pemerintah berharap dapat mengoptimalkan penggunaan pajak masyarakat. Yaitu, dengan memastikan bahwa subsidi energi hanya di berikan kepada golongan yang layak. hal ini juga dapat mengurangi beban pengeluaran negara terkait impor BBM dengan merevisi kembali peraturan tentang BBM Subsidi.