BeritaHarian24

Tindakan Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering

Tindakan Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering
Tindakan Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering

Tindakan Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering Dengan Berbagai Kebiasaan Sehingga Merusak Kepercayaan Diri. Hai semuanya kita datang kembali menyapa kalian dengan informasi yang akan terus menarik. Dan dapat anda baca untuk memperoleh berita yang baru lagi. Kali ini kita akan bahas mengapa seseorang memiliki kulit kering. Tentu hal ini memang sudah sejak lahir karena manusia memiliki berbagai tipe kulit. Namun ada beberapa aktivitas atau kebiasaan yang menyebabkan hal ini terjadi. Terlebih jika kulit dalam keadaan kering akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Karena tidak memiliki kulit yang cukup terhidrasi dan menyebabkan berbagai masalah. Terutama yang mempunyai kulit kering pasti sangat kusam. Untuk itu nantinya kita akan berikan sebuah informasi terkait Tindakan Yang Menyebabkan kulit menjadi gampang kering. Untuk nantinya dapat anda hindari dengan berbagai kebiasaan buruk yang merusak kulit anda. Jadi perlu menyimak terus kelengkapan informasi dari kami. Sehingga anda dapat memahami faktor apa yang menjadi penyebabnya.

Mengenai konten Tindakan Yang Menyebabkan kulit menjadi gampang kering telah di terbitkan oleh Kompas.com.

Melakukan Perawatan Berlebihan

Nah hal satu ini atau yang sering di sebut sebagai over-care dapat menyebabkan kulit kering. Dan mengalami berbagai masalah lainnya. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit sekaligus. Ataupun juga terlalu sering mengaplikasikannya dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Kombinasi berbagai bahan kimia dari produk-produk tersebut bisa menyebabkan iritasi. Serta dapat menghilangkan minyak alami kulit, yang berujung pada kulit kering. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Akan tetapi jika di lakukan terlalu sering. Maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit atas. Dan juga mengurangi kadar minyak alami kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, merah, dan teriritasi. Sebaiknya, eksfoliasi di lakukan tidak lebih dari dua kali seminggu, tergantung jenis kulit. Masker wajah bisa memberikan manfaat besar. Namun penggunaannya yang terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit.

Tindakan Yang Dapat Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering

Selain itu masih ada berbagai kebiasaan lain yang menjadi penyebabnya. Jadi ikuti terus Tindakan Yang Dapat Menyebabkan Kulit Menjadi Gampang Kering. Dan hal lainnya yaitu:

Fokus Pada Wajah Dan Melupakan Tubuh

Merawat kulit wajah memang penting, tetapi seringkali kita melupakan perawatan kulit tubuh secara keseluruhan. Mengabaikan kulit tubuh bisa menyebabkan kekeringan. Dan juga dengan berbagai masalah kulit lainnya. Seperti halnya kulit wajah, kulit tubuh juga membutuhkan kelembapan untuk tetap sehat. Mengabaikan perawatan kulit tubuh dapat menyebabkan kulit kering, bersisik. Dan bahkan retak-retak, terutama di area yang sering terpapar seperti tangan, kaki, dan siku. Tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput. Serta kehilangan elastisitas dapat terjadi pada seluruh tubuh. Merawat kulit tubuh dapat membantu menjaga penampilan awet muda secara keseluruhan. Kulit tubuh juga terpapar sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan. Menggunakan produk perawatan yang tepat dapat melindungi kulit tubuh dari kerusakan ini. Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan kulit tubuh menjadi kering. Mandi dengan air hangat.

Ataupun dengan air dingin lebih di sarankan untuk menjaga kelembaban kulit. Sabun yang mengandung bahan kimia keras. Maupun dengan deterjen dapat menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan kulit tubuh menjadi kering dan teriritasi. Gunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab. Tidak menggunakan pelembab tubuh setelah mandi. Tentunya dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban yang di butuhkan. Penting untuk mengaplikasikan pelembab tubuh secara rutin. Kulit tubuh yang terpapar sinar matahari. Terlebih tanpa perlindungan dapat mengalami kekeringan dan kerusakan. Gunakan tabir surya pada kulit tubuh yang terpapar sinar matahari langsung. Gunakan pelembab tubuh setelah mandi untuk mengunci kelembaban. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda, baik itu lotion, krim, atau minyak tubuh. Hindari mandi dengan air panas yang dapat menghilangkan minyak alami.

Faktor Yang Menjadikan Kulit Menjadi Tidak Terhidrasi

Kemudian juga masih ada Faktor Yang Menjadikan Kulit Menjadi Tidak Terhidrasi. Dan penyebab lain yang wajib anda ketahui adalah:

Kurang Minum Air

Hal ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan kulit kering. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Karena air membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk. Saat tubuh kekurangan air, kulit adalah salah satu organ yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda dehidrasi. Kulit bisa menjadi kering, kusam, dan juga kurang elastis. Air membantu menjaga keseimbangan kelembaban kulit. Ketika tubuh kekurangan air, kulit kehilangan kelembapan. Hal ini lah yang menyebabkan kekeringan. Kulit yang kering lebih rentan terhadap iritasi dan kerusakan. Terlebih kulit memiliki lapisan pelindung alami yang terdiri dari lipid dan air. Kekurangan air dapat merusak lapisan ini. Sehingga kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Dan juga dapat melindungi diri dari faktor lingkungan yang merusak. Ia nantinya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat dan urin. Ketika tubuh kekurangan air, proses detoksifikasi ini terhambat.

Karena hal ini lah yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Racun yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan kulit kusam dan tidak sehat. Rekomendasi umum adalah minum setidaknya 8 gelas air (sekitar 2 liter) per hari. Namun, kebutuhan air setiap orang dapat berbeda tergantung pada aktivitas. Serta dengan kondisi kesehatan, dan lingkungan. Selain minum air, anda juga bisa meningkatkan asupan cairan dengan mengonsumsi makanan yang kaya air. Contohnya seperti buah-buahan (semangka, mentimun, jeruk) dan sayuran (selada, bayam). Menggunakan humidifier di dalam ruangan. Tentunya terutama saat musim dingin atau di lingkungan dengan udara kering. Hal ini lah yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Gunakan pelembab kulit yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin. Ataupun menggunakan aloe vera yang membantu menghidrasi.

Faktor Yang Sering Menjadikan Kulit Menjadi Tidak Terhidrasi Optimal

Tentu saja masih ada Faktor Yang Sering Menjadikan Kulit Menjadi Tidak Terhidrasi Optimal. Dan simaklah faktor berikutnya yaitu:

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Hal ini adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Karena ia yang bisa membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Namun, terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk kulit kering. Contohnya seperti eksfoliasi mekanis. Ia menggunakan scrub. Ataupun menggunakan alat eksfoliasi untuk menggosok permukaan kulit secara fisik. Eksfoliasi kimia yang menggunakan bahan kimia. Contohnya seperti asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA). Ataupun dengan enzim untuk melarutkan sel-sel kulit mati. Kulit memiliki lapisan pelindung alami yang terdiri dari lipid dan sel-sel kulit. Hal ini yang terlalu sering dapat merusak lapisan ini. Sehingga kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban. Serta nantinya dapat melindungi diri dari iritasi dan infeksi. Minyak alami yang di hasilkan oleh kulit membantu menjaga kelembaban dan elastisitas.

Eksfoliasi yang berlebihan dapat menghilangkan minyak ini. Hal ini yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Menggosok kulit terlalu keras atau menggunakan produk eksfoliasi yang terlalu kuat bisa menyebabkan iritasi dan peradangan. Kulit bisa menjadi merah, sensitif, dan terasa panas. Lapisan pelindung yang rusak membuat kulit lebih rentan terhadap faktor lingkungan. Contohnya seperti polusi, sinar UV, dan alergen, yang bisa memperburuk kondisi kulit kering. Untuk kulit normal hingga kering, eksfoliasi 1-2 kali seminggu sudah cukup. Kulit berminyak mungkin memerlukan eksfoliasi hingga 3 kali seminggu. Akan tetapi jangan lebih dari itu. Gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit anda. Kulit kering dan sensitif sebaiknya menggunakan eksfoliator yang lebih lembut. Tentunya seperti yang mengandung AHA daripada scrub fisik yang kasar. Hindari menggosok kulit terlalu keras.

Maka itulah sebagian hal yang membuat kulit menjadi kering terkait Faktor Yang Sering Menjadikan.

Exit mobile version